Jumat, 25 November 2016

004. Artikel tentang "Pening Saat Berdiri Setelah Duduk atau Berbaring? Ini Sebabnya"



Vemale.com - Pernahkah kamu merasa pening atau pusing tiba-tiba saat berdiri, terutama setelah duduk atau berbaring? Banyak orang merasakannya, dan penyebab paling umum rasa pening tiba-tiba ini karena kamu mengalami tekanan darah rendah.

Christopher Gibbons, M.D., profesor neurologi Harvard Medical School mengatakan bahwa pening seperti ini terjadi karena turunnya tekanan darah di dalam tubuhmu. Ketika kamu berdiri dengan cepat, gaya gravitasi bumi menarik darahmu turun hingga kaki. Akibatnya, darah meninggalkan tubuh bagian atas dan menimbulkan rasa berputar di kepala.

Untuk menghilangkan sensasi pening ini, tentu kamu harus meningkatkan denyut jantung sehingga darah dipompa lebih banyak sehingga tekanan darahmu naik. Dokter Christopher mengatakan, jika tubuhmu memiliki tekanan darah normal, kamu tak akan merasa pening bahkan merasa nyaris pingsan.

Begitu pula saat kamu batuk dan pilek, kepala juga merasa pening. Tekanan darah yang turun juga lah yang menjadi sebab kamu merasa pusing saat berdiri setelah olahraga. Karena olahraga membantu menurunkan tekanan darah, kamu akan merasa sangat lelah dan bahkan pening saat tiba-tiba berdiri. Hal ini normal, saat tubuhmu kembali segar, kamu tak akan mengalami pening lagi.

Kamu bisa makan makanan yang kaya vitamin dan zat besi karena bisa meningkatkan tekanan darah seperti misalnya daging, susu dan telur.

Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/99692-pening-saat-berdiri-setelah-duduk-atau-berbaring-ini-sebabnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar